Tips dan Trik Mengurangi Bau Petai Saat Mengelolahnya

Tips dan Trik Mengurangi Bau Petai Saat Mengelolahnya - Siapa yang tidak kenal ataupun tidak pernah merasakan sayuran/kacang-kacangan dengan nama Parkia Speciosa atau dalam bahasa bule-nya biasa disebut Bitter Bean / Twisted cluster bean / Stink Bean, dan kalau orang Indonesia biasa menyebutnya dengan nama Petai. 




Yup, Petai...Rasanya yang sangat unik dan yang pasti nikmatnya sangat luar biasa membuat petai sangat digemari oleh banyak kalangan. Tak perduli kita mau menyantapnya untuk lalapan ataupun sudah diolah menjadi Sambal Goreng Petai. Tapi tak banyak juga orang yang tidak suka menyantapnya, mungkin dikarenakan baunya yang sangat menyengat setelah kita mengkonsumsi. Nah mungkin saja cara mengolahnya agak salah (yang saya maksud agar baunya tidak terlalu menyegat), ada kok beberapa cara, trik atau tips cara mengelola petai agar baunya sedikit berkurang (karena baunya tidak akan bisa dihilangkan seluruhnya). Berikut beberapa caranya :

  1. Rendam - Rendamlah petai kedalam air yang sudah kita taburi dengan garam. Selain bisa menghilangkan kotoran atau ulat, cara merendam petai kedalam air garam dapat dipercaya bisa mengurangi bau pada petai.
  2. Rebus - Rebuslah petai agak cukup lama sebelum kita olah, bisa juga dengan cara merebusnya kedalam air mendidih dengan campuran kapur sirih. Setelah direbus baru petai bisa kita olah.
  3. Goreng - Gorenglah petai bersama bawang merah. Tujuannya guna menyeimbangkan aroma.
  4. Bakar - Petai dapat dibakar terlebih dahulu. Bakar petai dengan kulit-kulitnya ya hingga kecokelatan, lalu kita kupas. Dan baru kita bisa olah.
Nah jadi segitu saja Tips dan Triknya, semoga bermanfaat ya. Terima Kasih :)

Baca juga artikel terkait tentang Tips cara memilih sayuran yang baik 













Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips dan Trik Mengurangi Bau Petai Saat Mengelolahnya"

Post a Comment